MAKALAH LINGKUNGAN BISNIS
PELUANG BISNIS USAHA
( Martabak Unyil )





          

            NAMA                 :  Aranceli Nadhyta Burhan 
            NIM                     :  14.11.8034
            KELAS                :  14-S1TI-07


SEKOLAH TINGGI MANAGEMEN INFORMASI DAN KOMPUTER
AMIKOM YOGYAKARTA
PROGRAM STUDI TEKNIK INFORMATIKA STRATA SATU
2014 / 2015




BAB I
ABSTRAK

     Dalam suatu pemasaran banyak sekali berbagai bentuk dan macam-macam aneka ragam makanan dari yang kecil hingga yang besar dan dari yang murah hingga sampai yang mahal. Dalam kebutuhan sehari-hari banyak sekali aktivitas yang dijalani dan juga pasti perlu memiliki makanan yang sehat dan bermanfaat buat tubuh. Makanan - makanan memang sudah banyak sekali yang menjualnya tetapi makanan ini begitu sangat sederhana dan baik dikonsumsi ketika malam hari agar terlihat lebih istimewah dipandangan masyarakat.
     Dengan makanan ini dilakukan dengan cara pembuatan yang sederhana dengan lebih baik dan higienis begitu juga dengan harga yang terjangkau dan banyak pula masyarakat yang berminat untuk membelinya dengan rasa yang cukup enak,nikmat,dan lezat.
     Oleh karena itu saya memilih jenis usaha yaitu “Martabak Manis Mini” untuk dijualnya karena untuk mengingatkan masyarakat Indonesia agar tidak lupa makanan khas Indonesia,karena makanan ini merupakan makanan selingan dan baik untuk dikonsumsi.
BAB II
ISI

    Martabak Unyil atau sering disebut martabak mini berbeda sekali dengan martabak biasanya yang memakan kulit lumpia sebagai selaput dan beberapa sayuran juga telur di dalamnya. Untuk Martabak Unyil sendiri tidak seperti itu, Martabak Unyil leboh mirip seperti kue bandung dengan bahan roti dan bertabur seres dengan kombinasi lainnya. Di beberapa kota selain kota besar Martabak Unyil sangat jarang untuk di temui. Meskipun harganya cukup terjangkau dengan kantong kita.  
     Dan Sebagai salah satu bentuk kreatifitas mahasiswa dalam bidang wirausaha, dengan proposal ini mahasiswa diharapkan dapat menuangkan kreatifitasnya dalam berwirausaha. Saya berharap agar produk “Martabak Manis Mini “ ini dapat menjadi produk yang bisa lebih berkembang dan maju. Di samping itu, saya juga mengharapkan agar produk makanan ini tidak berkurang, karena produk ini sangat bagus dan berkualitas serta menjadi salah satu kuliner nusantara.


A. TUJUAN
Tujuan dari jenis usaha ini yaitu :
1. Mencari keuntungan / laba.
2. Menarik minat konsumen untuk merasakan makanan yang sudah cukup terkenal.
3. Mencapai target penjualan.

B. SEGMENTASI PRODUK
- Menganalisis potensi pasar
  Dalam menjalankan usaha ini harus mengetahui potensi pasar yang dijalani agar usaha yang dijalani dapat diterima oleh semua kalangan masyarakat (konsumen).
- Menentukan objek pasar
  Dalam menjalankan usaha ini harus menentukan objek pasar dengan strategi yang mudah dijangkau masyarakat (konsumen).
- Menetapkan target / sasaran pasar
  Dalam menjalankan usaha harus menetapkan target / sasaran pasar usaha dengan cara melihat perbedaannya agar lebih mudah dijangkau oleh pembeli dalam membelinya.

C. KEUNGGULAN MAKANAN
Keunggulan dari jajanan ini yaitu :
1. Memiliki berbagai macam-macam bentuk
2. Memiliki berbagai macam-macam rasa
3. Bahan produk yang higienis

D. ANALISA SWOT

Setiap kegiatan untuk memulai usah saya harus mengukur kemampuan saya terhadap lingkungan atau pesaing,yaitu melalui analisis SWOT :
1). Strength (kekuatan)
Kekuatan dari produk ini ialah :
1. Menjual produk untuk semua kalangan masyarakat.
2. 1 (satu) produk terdiri dari beberapa macam bentuk dan rasa.
3. Bahan produk yang terjamin dan higienis.

2). Weakness (kelemahan)
Kelemahan dari produk ini ialah :
1. Tidak dapat taham lama.
2. Produknya mudah ditiru.
3. Opportunity (peluang)
Peluangnya ialah :
1. Tempat strategis.
2. Fasilitas yang cukup memadai.
3. Threath (ancaman)
Adanya pesaing yang menjual produk dengan harga yang tida terlalu mahal.

E. ANALISA 4P
1. Product (produk)
Produk yang dijual adalah “Martabak Manis Mini” yang merupakan makanan selingan sehari-hari
2. Price (harga)
Harga perporsi Rp.12.000 karena harga ini sangat terjangkau dan relative murah.
3. Promotion (promosi)
Dalam melakukan promosi produk ini dengan menyebarkan brosur kepada masyarakat dengan promosi disetiap pembelian 1 paket dengan isi 5 porsi akan memberikan diskon 10% dari harga tersebut.
4. Place (tempat)
Tempat yang strategis, bisa dimana saja asal yempat itu nyaman dan banyak orang yang lewat. 


F. Bahan Makanan
  • 250 gram Tepung terigu
  • 1/2 bungkus Ragi Instan
  • 1 sendok makan Gula pasir
  • 1/4 sendok makan Garam
  • 250 ml Air hangat
  • 2 butir Telur kocok lepas
  • 1/4 sendok teh Vanili
  • 1/4 sendok teh Soda kue
Cara Membuat Martabak Unyil :
  1. Campur tepung terigu, ragi, gula dan garam aduk rata, masukkan air hangat, aduk lagi sampai tercampur dengan rata.
  2. Tutup dengan plastik lalu diamkan selama 30-60 menit.
  3. Tambahkan telur, vanili dan soda kue, sambil diaduk dengan cara ditepuk-tepuk sampai rata, sisihkan.
  4. Siapkan cetakan martabak mini anti lengket ( mini maker) lalu panaskan dengan api sedang. (Olesi dengan margarin cukup sekali di awal saja).
  5. Bila cetakan telah panas masukkan 1 sendok sayur pada tiap lubang cetakan, lalu tutup.
  6. Bila martabak mini telah berlubang-lubang buka tutup dan taburi dengan gula pasir cukup tipis-tipis saja, dan tutup kembali.
  7. Bila telah matang angkat martabak mini dari cetakan.
  8. Olesi dengan margarin selagi panas, beri susu kental manis dan taburi coklat atau lainnya sesuai selera.  
Catatan:
  • Taburan dapat anda variasi sesuai selera semisal coklat, meises, kacang, keju, selai, pisang, wijen atau lainnya.

LAMPIRAN FOTO MARTABAK UNYIL



BAB III
REFERENSI
Pengalaman Saudara Saya

0 komentar:

Post a Comment

 
Top