MAKALAH
LINGKUNGAN BISNIS
MEMBENTUK MAHASISWA BERJIWA
BISNIS ONLINE IT
BISNIS ONLINE IT
NAMA : Aranceli
Nadhyta Burhan
NIM : 14.11.8034
NIM : 14.11.8034
KELAS : 14-S1TI-07
SEKOLAH
TINGGI MANAGEMEN INFORMASI DAN KOMPUTER
“ AMIKOM YOGYAKARTA ”
PROGRAM
STUDI TEKNIK INFORMATIKA
STRATA SATU
2014 / 2015
BAB I
ABSTRAK
Pada zaman sekarang ini, dengan adanya media
internet setiap orang dapat menjalankan bisnis menjadi semakin mengglobal. Bila
biasanya memasarkan produk atau jasa secara offline yang biasa dilakukan di
tempat usaha berupa toko maupun melalui jaringan pemasaran bisnis, sekarang
bisa menjual produk atau jasa di internet menggunakan website, pasar menjadi
lebih luas, pasar bisa menjangkau seluruh pasar Indonesia langsung maupun yang
lebih besar lagi ke pasar seluruh dunia. Tinggal putuskan, ingin fokus untuk menjangkau
pasar yang mana.
Kita bisa mengakses internet di mana saja.
Perbedaan bila berjualan offline dengan berjualan online yaitu bila berjualan
offline, calon pembeli dapatkan dari orang-orang yang datang ke toko, tetapi
dengan berjualan online bisa menjangkau orang-orang yang memiliki akses internet
di manapun mereka berada yang membuka website kita. Kita dapat membuka pasar
baru seketika. Karena itu bagaimana cara memulai bisnis online?
Sebagai awal untuk memulainya, tentunya harus
memiliki produk atau jasa yang bisa dijual di internet, lalu membuat website
baik berupa toko online atau dengan website penjualan yang sederhana. Di
website, bisa menampilkan produk-produk maupun jasa yang akan di tawarkan
dengan data yang sedetail mungkin termasuk foto produk dan spesifikasi.
Foto atau gambar dari sebuah produk sangat
penting untuk berjualan online agar calon pembeli bisa melihat seperti apa
produk yang akan ia dapatkan nantinya, dan dengan data produk yang detail,
calon pembeli bisa memutuskan langsung di website mau membeli atau tidak pada
saat itu juga.
BAB II
ISI
1.1 Cara Memulai Bisnis Online
Kebanyakan mahasiswa Indonesia masih enggan
menggeluti bisnis usaha. Padahal, melakukan usaha bisnis semenjak kuliah
merupakan cara kreatif dan cerdas untuk mempersiapkan diri setelah kelak
menjadi seorang sarjana.
Kebanyakan mahasiswa tanah air lebih suka
mencari lowongan pekerjaan setelah usai kuliah dibanding dengan melakukan kegiatan
wirausaha. Beruntung bila yang bersangkutan memiliki skill dan kemampuan
akademis yang bagus, pekerjaan dengan mudah akan diperoleh. Namun, jika tidak,
para sarjana hanya akan terkatung-katung dengan masa tunggu dalam menemukan
pekerjaan yang diinginkannya. Oleh karena itu, menjadi pebisnis sejak dini
merupakan cara pintar orang-orang sukses.
Cara memasarkan bisnis nya bagi para kalangan
mahasiswa itu tidaklah sulit. Pemasaran online saat ini cukup banyak dilakukan
untuk meningkatkan angka penjualan sebuah jasa atau produk usaha. Pemasaran
online dipercaya cukup ampuh dan lebih berefek hasilnya untuk saat ini
dibandingkan dengan pemasaran di dunia nyata.
Dunia online atau dunia internet merupakan
ruang global yang memungkinkan siapa saja bisa masuk ke dalamnya, tanpa harus
terhambat oleh batasan ruang dan waktu. Karena saat ini orang bisa mengakses
internet kapan saja dan di mana saja. Peluang inilah yang harus dimanfaatkan
oleh para pelaku bisnis, seperti para mahasiswa, yaitu dengan cara melakukan pemasaran
online yang intensif. Saat ini hampir semua perusahaan yang ada di dunia nyata juga
menjelma di dunia maya. Hal ini sebagai tuntutan perluasan ruang kehidupan
manusia yang mulai mendominasi dunia maya. Pemasaran online merupakan bentuk
pemasaran yang dilakukan di internet dunia maya dengan berbagai cara dan
strategi yang bisa mendatangkan konsumen tanpa batasan tempat dan waktu. Ruang
global akan memberi kesempatan yang lebih luas pada upaya pemasaran yang Kita
lakukan. Bagaimana caranya agar pemasaran online yang kita lakukan bisa
berjalan dengan baik dan maksimal? Perlu dilakukan berbagai bentuk strategi
yang hasilnya akan meningkatkan penjualan secara lebih drastis. Strategi pemasaran
online juga membutuhkan kreativitas dan inovasi agar orang tidak jemu dengan gaya
berjualan yang monoton.
Untuk lebih jelasnya, berikut ini diberikan
beberapa strategi pemasaran online yang bisa dijalankan. :
1. Memiliki e-mail, baik yahoo, gmail atau
lainnya
E-mail adalah surat elektronik yang berguna
untuk komunikasi sebagai perantara pesan kita, serta syarat untuk memiliki atau
membuat akun lainnya.
2. Miliki sebuah web atau blog
Hal ini penting sebagai alat promosi atau
pengenalan produk atau jasa yang kita jual, dan banyak lagi hal yang bisa kita
maksimalkan dari web atau blog itu sendiri.
3. Beriklan
Iklan adalah senjata ampuh mencari pelanggan
dengan iklan tersebut calon pelanggan akan tahu tentang apa yang kita
promosikan dan tentunya iklan yang memiliki daya tarik yang menggerakkan calong
pelanggan ada rasa penasaran ingin mengetahui.
4. Maksimalkan yang kita miliki
yaitu memanfaatkan akun jejaring sosial kita
seperti facebook, twitter, google plus sebagai tempat share melihat dari
masyarakat kita yang lebih suka bermain dengan facebook dan twitter sebagai
pengisi waktu luang dan menghabiskan waktu.
5. Tentukan segera jenis barang bisnis atau
layanan jasa yang akan Anda jual pada konsumen. Ada banyak produk yang cocok
dijual di internet seperti buku, aksesoris, pakaian, elektronik atau berupa
layanan jasa seperti jasa desain, jasa penulisan, jasa pembuatan website atau
blog dan lain sebagainya. Tentukan dahulu apa yang menjadi tujuan produk atau jasa
bisnis Anda.
6. Segera bangun toko online baik melalui
jejaring sosial, blog ataupun website toko online, seperti :
> Kaskus.co.id
> Tokobagus.com
> Berniaga.com
> Facebook.com
> Twitter.com
> Bloger.com
7. Lakukan promosi online yang gencar
Kesuksesan sebuah bisnis sangat ditentukan dari seberapa
besar usaha marketing yang telah dilakukan. Demikian juga dengan peluang bisnis
online yang Anda garap.Bisnis online menuntut Anda melakukan upaya-upaya
marketing yang kreatif dan unik sehingga membuat para pengguna internet
tertarik untuk melihat produk atau layanan jasa yang Anda tawarkan.
8. Perpaduan pemasaran online dan pemasaran dunia nyata
Jika mulai tertarik untuk merambah ke pemasaran online,
sebaiknya jangan pernah tinggalkan marketing di dunia nyata. Kombinasikan dan
jalankan kedua-duanya sehingga hasil yang diperoleh akan lebih maksimal. Pasar
dunia nyata juga memiliki prospek yang sangat baik, dengan cara menjalankan
keduanya secara bersamaan, artinya ada dua peluang yang sudah dilakukan.
Hasilnya, produk pun akan semakin banyak dikenal orang.
9. Memperbanyak relasi jaringan di dunia maya
Sebelum yakin dengan pilihan pemasaran online, pastikan
memang memiliki jaringan yang cukup kuat di dunia maya. Misalnya memiliki
beberapa akun jejaring sosial yang memiliki jumlah teman yang sudah penuh,
memiliki akses website yang mudah ditemukan oleh para pengguna internet dan
sebagainya. Kita juga bisa memanfaatkan fasilitas email untuk mempromisikan
berbagai produk bisnis. Namun, juga perlu memerhatikan etika dalam menjalankan
pemasaran online, misalnya dengan tidak melakukan spaming.
10. Menjaga kredibilitas perusahaan di dunia maya
Dunia maya atau dunia online merupakan dunia yang rentan
dengan kasus-kasus penipuan. Banyak orang malas dan tidak berminat membeli
sebuah produk bisnis melalui internet dengan alasan takut dengan berbagai kasus
penipuan. Inilah permasalahan utama dalam pemasaran online. Maka, kita perlu mengatasinya dengan menjaga
kredibelitas perusahaan yang dimiliki.Caranya adalah dengan menunjukkan
eksistensi dan identitas yang jujur dan transparan kepada pelanggan.
Mungkin banyak di antara mahasiswa yang
enggan menjalankan bisnis karena berbagai masalah. Namun, jika kita sudah siap
untuk memulai usaha bisnis, artinya kita juga harus sudah siap menghadapi
bebagai risiko bisnis. Risiko adalah sebuah hal yang sudah menjadi sunnatullah
atau kebiasaan yang memang akan dihadapi.
11. Jujur
Modal akhir senjata ampuh untuk sukses adalah
jujur, kita tidak melakukan pembohongan terhadap pelanggan kita, dan jasa atau
produk yang kita jual benar dan baik adanya. Aktivitas apapun yang kita
jalankan sebenarnya memiliki risiko, terlebih lagi untuk sebuah usaha yang
dijalankan dalam upaya mewujudkan sebuah kesuksesan dalam hidup.
Bisnis adalah pekerjaan penuh risiko, inilah
yang menjadi alasan utama orang-orang yang enggan menekuni dunia bisnis. Bisnis
adalah pekara untung-untungan yang penuh dengan risiko. Risiko bisnis yang
paling parah adalah saat kita mengalami gulung tikar atau bangkrut.
Kebangkrutan biasanya juga sebanding dengan
skala usaha yang kita jalankan. Kebangkrutan yang dialami oleh seorang
pengusaha besar bahkan bisa menyebabkan orang yang bersangkutan mengalami
depresi dan tekanan mental. Risiko bisnis terkadang juga berujung kepada
intimidasi, teror dan kematian, ini salah satu bentuk risiko bisnis yang paling
mengerikan.
Melihat berbagai bentuk risiko bisnis di
atas, apakah kita akan takut dalam menjalankan sebuah bisnis usaha? Yang paling
diperlukan adalah bagaimana upaya dan strategi yang harus kita lakukan untuk
menghadapi berbagai risiko bisnis tersebut.
Berikut ini diberikan berbagai cara dan
langkah yang bisa kita lakukan untuk menghadapi berbagai risiko bisnis yang
mungkin akan muncul:
a. Bersabar dan memahami bahwa tak ada
aktivitas tanpa risiko, tak ada kesuksesan tanpa adanya pengorbanan dan
perjuangan.
Sukses adalah perkara yang tidak bisa
didapatkan secara instan, sukses membutuhkan proses. Di dalam proses yang kita
jalani, sudah pasti di dalamnya akan banyak sekali terjadi hambatan, tantangan
dan risiko yang akan mengganggu komitmen kita dalam menjalankan sebuah bisnis
usaha. Maka sikap sabar harus senantiasa dilekatkan pada jiwa-jiwa para pengusaha
yang ingin agar usaha mereka itu sukses. Risiko bisnis yang bisa muncul untuk menguji
kesabaran biasanya adalah keuntungan yang kecil atau bahkan kita harus minus, dilecehkan
para pelanggan, kurangnya jumlah modal yang kita miliki, banyak orang merasa iri
dan tersaingi oleh kita dan sebagainya. Maka, kita harus bijak dan sabar.
Mengelola emosional adalah cara yang paling tepat untuk menjaga kualitas
kesabaran yang kita miliki.
b. Mempersiapkan berbagai alternatif sebelum
risiko bisnis itu datang.
Sebelum risiko Bisnis datang misalnya sebuah
kebangkrutan, maka kita perlu memiliki langkah alternatif yang harus bisa kita
wujudkan. Misalnya kita sudah mampu memprediksikan bahwa bisnis warnet yang
kita kelola akan mengalami kebangkrutan karena semakin mudahnya akses internet di rumah,
maka kita sudah bisa mempersiapkan langkah lain, yakni dengan mengalihkan bisnis kita ke
dalam bentuk bisnis lainnya yang lebih prospek untuk saat itu di tempat kita menjalankan
usaha bisnis.
c. Membangun hubungan yang baik dengan semua
orang adalah cara terbaik untuk menghadapi risiko bisnis berupa rasa iri dan
kebencian orang lain.
Jangan sombong menjadi pengusaha yang hebat,
sebaliknya semakin hebat kita maka selayaknya kita semakin ramah dan baik pada
semua orang. Sikap kita yang baik akan menghindarkan kita dari banyaknya jumlah
musuh. Ingat bahwa pasti ada orang yang iri dengan usaha bisnis yang kita jalani, bahkan
mungkin mereka bisa melakukan tindakan kriminal atau mistik untuk menghancurkan
usaha bisnis yang kita miliki. Namun, hal tersebut bisa dicegah atau dikurangi apabila kita
bersikap baik kepada semua orang, atau pihak-pihak yang membenci kita. Menjadikan rival sebagai
mitra adalah cara yang cerdas.
1.2 Meningkatkan Bisnis Secara Online
Bila Anda seorang yang mempunyai bisnis online
atau lebih spesifiknya lagi seorang yang berjualan produk secara online
tentunya sering mengalami hambatan dan permasalahan. Inti dari semua
permasalahan Anda sebetulnya adalah Anda ingin 'sukses' dalam berbisnis, sukses
ini tercapai dengan sarana penjualan produk Anda yang meningkat. Ada beberapa
tips yang dapat dimanfaat untuk dapat meningkatkan penjualan produk secara
online.
1. Perlihatkan kepada calon customer Anda
bahwa Anda begitu antusias terhadap Produk dan bisnis Anda. Jika Anda Antusias,
mereka pun akan antusias karena antusias itu bersifat menular.
2. Akhiri E-mail penjualan Anda dengan
kata-kata close yang mantap seperti bonus tambahan, harga diskon, pengingat
praktis, dan deadline order, dsb.
3. Tenteramkan customer Anda yang melakukan
complain. Berikan jaminan refund dari uang mereka, atau berikan mereka diskon, berikan
mereka bonus, berikan mereka solusinya atas
masalah tsb, dsb.
4. Buat sedemikian rupa agar customer Anda
merasa tertarik terhadap bisnis. Anda sehingga mereka akan menceritakan hal itu kepada
rekan-rekan bisnis yang lain. Berikan mereka sesuatu yang gratis juga menarik
sebagai bonus, atau sejenisnya.
5. Tumbuhkan keyakinan ekstra pada prospek
Anda sehingga mereka kelak akan membeli dari Anda. Gunakan referensi yang baik dari
orang-orang yang telah menjadi customer Anda sehingga mereka bisa melihat siapa saja yang
telah menjadi customer Anda, berikan juga jaminan atau garansi kepada mereka,
dan sebagainya.
6. Buat pada situs web Anda opt-in list
sehingga pengunjung situs Anda dapat mendaftarkan diri untuk mendapatkan e-books, software,
kontest, atau sesuatu yang gratis yang dapat ditukar dengan alamat e-mail
mereka karena secara psikologi mereka lebih suka mendapat sesuatu yang bagus gratis walaupun mereka
sanggup membelinya.
7. Jangan lupa prinsip aturan 80-20, artinya
80% dari isi situs Anda harus berisi informasi atau hal-hal yang disukai secara umum bagi
para pengunjung sedangkan sisanya 20 % atau kurang berisi profil perusahaan Anda serta
produk atau jasa yang Anda pasarkan.
8. Upayakan apabila customer Anda membeli
sesuatu dari Anda, mereka mendapatkan sebagian atau sedikit dari apa yang
mereka pesan hal itu bisa dalam bentuk sesuatu yang mereka bisa dapatkan secara
online.
9. Tulis sebuah artikel ke sebuah penerbit
dari suatu newsletter online, Hendaklah hal itu dalam bentuk artikel yang
bersifat informasi jangan bersifat iklan.
10. Perlihatkan kepada prospek Anda bahwa Anda adalah
seorang yang pakar di bidangnya karena hal tersebut dapat meyakinkan mereka.
Anda dapat menerbitkan sebuah artikel, menulis sebuah ebook, dan sejenisnya.
BAB III
REFERENSI
0 komentar:
Post a Comment