Motherboard atau mainboard merupakan papan utama dimana terdapat komponen-komponen serta chip controller yang bertugas mengatur lalu lintas data dalam sistem mainrboard. Pada Mainboard juga terdapat socket untuk processor, slot-slot yang digunakan untuk pemasangan komponen kartu seperti VGA Card, Sound Card, Internal Modem, dan lain-lain.


Fungsi Motherboard adalah sebagai pusat semua perangkat keras komputer / hardware, agar semua perangkat keras komputer tersebut bisa berhubungan antara komponen yang satu dengan yang lain. sebagai contoh: Processor, Memori(RAM), hardisk, optical drive, keyboard, mouse, monitor dan semua perangkat keras komputer dipasang dan dihubungkan dengan menggunakan motherboard.


Jenis-jenis Motherboard



Jenis Motherboard yang ada saat ini bermacam-macam, ada yang jenis Motherboard AT baby / AT, ATX, BTX dan ITX. Jenis Motherboard ITX terbagi lagi menjadi 2 jenis, yaitu Jenis-J=jenis mainboard mini-ITXdan nano-ITX. Jenis Motherboard yang dipilih merupakan aspek yang paling penting dari dalam perancangan sebuah komputer.


Yang di maksud jenis-jenis Motherboard AT yaitu format yang digunakan dalam 386 serta 486 komputer pertama. kemudian format tersebut diganti oleh format ATX, dimana format ini membentuk sirkulasi udara yang lebih baik dari sebelumnya sehingga lebih mudah untuk mengakses komponen-komponen komputer.


Jenis dari Motherboard ATX dapat di upgrade ke AT baby. Hal itu di maksudkan untuk meningkatkan kemudahan bagi user. Jenis-Jenis Motherboard ini di rancang untuk menancapkan peripheral semudah mungkin (misalnya, IDE konektor yang terletak di samping disk). Jenis dari Motherboard ini adalah Standar ATX, mikro ATX, Flex-ATXdan mini-ATX.


Jenis Motherboard BTX lebih di maksudkan untuk mendukung jenis Intel yang di rancang untuk memperbaiki pengaturan komponen, sehingga untuk mengoptimalkan sirkulasi udara, akustik, dan pengendalian panas. Konektor dalam Motherboard ini di pasang secara paralel ke arah di mana udara mengalir. Kabel listrik BTX adalah sama dengan pasokan listrik ATX.


Motherboard ITX adalah format dari ( Teknologi Informasi extended ). Motherboard jenis ini di dukung oleh Via, adalah format yang sangat kompak yang dirancang untuk konfigurasi miniatur seperti mini-PC. Sedangkan jenis yang sama dengan mainboard ini adalah mini-ITX dan nano-ITX.



Komponen – komponen motherboard : 

Soket CPU atau Processor Socket, digunakan untuk menginstal atau menyisipkan prosesor . Ada dua jenis soket yang kita kenal, yaitu soket LIF soket dan soket ZIF. LIF singkatan dari Low Insertion Force, yaitu soket model lama, dan ZIF adalah singkatan dari Zero Insertion Force, adalah soket prosesor model baru.



Gambar Soket CPU
North Bridge letaknya selalu dekat dengan soket prosesor, yaitu merupakan salah satu komponen penting dari motherboard. North Bridge adalah titik fokus dari motherboard, dan disebut juga denganmemory controller hub. North bridge terhubung dengan socket Processor, slot RAM serta slot AGP.





Gambar North bridge

South Bridge dan North Bridge adalah dua kutub utama motherboard.South Bridge terhubung dengan antarmuka IDE primer dan sekunder, konektor SATA, konektor Floppy Drive, slot PCI dan BIOS.





Gambar South bridge

Slot RAM adalah komponen pada motherboard yang digunakan untuk menyisipkan RAM.







Gambar Slot RAM
Slot AGP digunakan untuk memasukkan AGP Card. AGP atau singkatan dari Accelerated Graphics Port, adalah slot untuk kartu grafis yang ditujukan untuk game 3D. Letaknya selalu di samping slot PCI.




Gambar Slot AGP

Slot PCI digunakan untuk menyisipkan Add-on Card, seperti kartu LAN , Kartu Sound , dan kartu TV tuner .PCI adalah singkatan dariPeripheral Component Interconnect.




Gambar Slot PCI

Complimentary Metal Oxide Semicondutor (CMOS) adalah sebuah baterai yang memasok power pada sebuah memori kecil padamotherboard yang berfungsi untuk menyimpan settingan konfigurasi komputer, waktu, dll. CMOS menjaga agar kita tidak perlu mengkonfigurasi hal-hal tersebut setiap kali kita menyalakan komputer



Gambar Baterai CMOS

Primary and Secondary IDE Interfaces juga disebut dengan konektor IDE atau konektor PATA. IDE adalah kependekan dari Integrated Device Electronics, yang mendukung untuk perangkat IDE, sepertiHard disk dan CD dan DVD drive .





Gambar Promary and Secondary IDE
Konektor SATA juga disebut sebagai konektor Serial ATA. SATA kependekan dari Serial Advanced Technology Attachment, yang berguna untuk menghubungkan perangkat serial ATA.





Gambar konektor SATA

BIOS adalah singkatan dari Basic Input Output System, yang juga merupakan salah satu bagian chip penting dari motherboard, untuk melakukan POST ( Power On Self Test ) .



\
Gambar BIOS.

0 komentar:

Post a Comment

 
Top