Nama asli : Muhammad Charly van Houtten

Tanggal lahir : 05 November 1982 

Lahir di : Cirebon, Jawa Barat, Indonesia 

Zodiac : Scorpio, Terkenal sejak menjadi vokalis band " ST12 " (2004 - 2011)

Sekarang di SETIA BAND (2012 - Sekarang). 


Charly datang dari keluarga dengan darah musik yang kental. Neneknya yang tinggal di Cirebon adalah sinden wayang yang cukup terkenal di daerahnya dan masih aktif sampai saat ini. Sedangkan uwaknya adalah seorang pemusik dangdut, yang pertama kali mengenalkannya pada dunia musik.Akhirnya sejak tahun 1998, saat mulai manggung dari cafe ke cafe bareng teman-temannya, Charly dipercaya untuk memegang posisi vokal.


Buat cowok kelahiran Cirebon, 5 November 1981 ini, musik bukan cuma sekedar hobi, tapi juga tujuan hidup. Ini yang jadi alasan utamanya hijrah ke Bandung dari Cirebon, yaitu untuk mengambil kuliah jurusan seni musik di Universitas Pasundan Bandung.Di Bandung biasanya ia menginap di rumah teman atau di studio musik tempatnya latihan. Sedangkan untuk membeli makan, dia terpaksa mengamen di perempatan jalan Dago. Perjuangannya pun tidak sia-sia, karena pengagum Al Jarreau dan Armand Maulana ini berhasil menelurkan satu album bareng sebuah band bernama Afterclose, sebelum akhirnya ditarik bergabung oleh ST12.


Perannya di ST12 cukup penting, karena hampir semua lirik lagu band ini adalah ciptaan Charly. Bahkan, cowok yang menulis lagu sejak kelas 1 SMP ini sekarang mulai mencoba-coba membuat lagu untuk dinyanyikan artis lain. Pingkan Mambo dan Aris Idol adalah beberapa di antaranya.Ia tak pernah luput dari Gitarnya dan Charly selalu membawa Gitar nya kemana pun ia pergi, ntah ketika tidur, hang out, sarapan, bahkan mau masuk kamar mandi pun ia bawa. Sedangkan Untuk sarapan Pagi Charly selalu memakan Roti agar staminanya saat bernyanyi diatas Panggung baik. Kebiasaan lain Charly waktu dulu ketika belum menikah kalau libur, Charly selalu menghabiskan waktu bersama pacarnya dipegunungan/lesehan.Charly mengaku bahwa, ia bisa sukses berkat kedua Orang Tuanya Soegendri & Toethe Hartika. Tanpa dukungan ke 2 Orang tua, mungkin ia bisa tak seperti sekarang.


Ada satu Hobi Charly yang Unik, rupanya lulusan Fakultas Seni Musik Universitas Pasundan ini sering mengisengi para personel ST12 lainnya. Seperti saat temannya sedang Bermain Ps Charly suka mencabut stop kontak Tv/mematikan Tv, sampai temannya pada jengkel. Charly juga sering mengambil makanan buatan Pepep yang akhirnya temanya pun hanya bisa mengigit jari karena makanan yang dihidangkan sudah habis dilahap Charly, bisa disebut Charly merupakan sosok yang usil dan sering bercanda.


Di Akhir 2008, muncur kabar jika Charly telah menikah. Tak ingin berita menjadi simpang siur, akhirnya ia pun memberikan klarifikasi. Charly mebenarkan jika ia telah menikah dengan Shinta Regina dan tidak bermaksud menutupinya, ia hanya ingin dikenal karena karyanya bukan karena kehidupan pribadinya.Pernikahan Charly dan Regina pun sudah dikaruniai satu anak laki-laki.Namun pada akhir di tahun 2011 Charly memberikan pernyataan bahwa ia mengundurkan diri, dari grup yang selama ini membesarkan namanya di dunia hiburan musik yakni ST 12,para personil dan pihak-pihak lain pun ikut kaget dengan pernyataan itu, yang akhirnya Charly memutuskan hengkang dari St 12. Dan banyak pihak menyanyangkan keputusannya itu, namun menurutnya itu merupakan keputusan yang terbaik untuknya.Charly pun berterima kasih dan sekaligus meminta maaf kepada semua pihak yang sudah mempercainya mendukungnya sehingga bisa menjadi ia seperti sekarang. Terakhir ia pun melakukan aksi panggungnya bersama pepeng dan Pepep di acara pergantian tahun 2012 lalu, setelah itu ia pun resmi meninggalkan ST12.


Charly bisa dikatakan sebagai ujung tombak ST 12. Bagaimana tidak ? Charly banyak menciptakan lagu lagu hits St12.Sampai 2010,St12 telah menghasilkan empat album.Album pertama ST12 memiliki lagu lagu andalan yaitu:Aku masih sayang,Aku tak sanggup lagi, Rasa yang tertinggal. Album yang ke dua berjudul P.U.S.P.A. Cukup banyak lagu lagu hits. Ada lagu P.U.S.P.A. jangan pernah berubah,Cari pacar lagi,Putri iklan, dan Saat terakhir.Pada tahun 2009 ST12 mengeluarkan album repackage P.U.S.P.A di album ini terdapat juga album religi: KebesaranMu dan MemujaMU. Album ke empat keluar pada tahun 2010 dengan judul album "Pangeran cinta" dengan lagu:Pangeran cinta,lady sky,dunia pasti berputar,Dll.Pada tahun 2011 Charly memutuskan untuk keluar dari St 12 keputusanya untuk keluar ini akhirnya diikuti juga oleh rekanya Pepeng.Keputusan tersebut disebabkan karna sudah tidak satu visi lagi dengan rekanya Pepep.


Karya Charly Sebagai pencipta lagu untuk bandnya Charly juga menciptakan lagu untuk penyanyi lain,seperti "Hancur Hatiku"yang dinyanyikan oleh olga dan "Sesuatu"yang dinyanyikan oleh Syahrini.Keluarga adalah hal yang penting bagi Charly.Saat ini Charly dikaruniai dua orang anak, Anak pertama bernama Restu Gibran Van Houten dan Senandung AsmaraNacha Van Houten.


BIOGRAFI :


Cowok bernama asli Muhammad Charly Van Houtten ini awalnya tertarik untuk jadi gitaris, gara-gara uwaknya yang musisi itu pernah memberinya hadiah berupa gitar. Gitar kesayangannya itu lalu dia bawa kemana-mana sebagai instrumen membuat lagu. Nggak disangka-sangka, ternyata banyak orang yang bilang suara Charly cukup merdu untuk jadi seorang vokalis.





ST12 memulai karirnya dengan menerbitkan album di bawah label indie karena tidak ada label yang mau menampung mereka Album ini di beri judul "Jalan Terbaik".saat tur album pertama pada oktober 2005 ST12 mendapat musibah.




Salah satu personilnya yaitu Iman Rush meninggal karna pembuluh darah di otak pecah.Kematian Iman Rush tentu mebawa duka yang cukup mendalam bagi para personil ST12. Inilah yang nantinya menginspirasi Charly untuk menciptakan lagu yang berjudul "Saat Terakhir"






Charly dan ST12 mulai menuai sukses,setelah album pertama mereka sukses. Label Trinity Optima Production mulai melirik mereka untuk mengelurkan album ke dua. Corak musik utama yang mereka tawarkan adalah pop melayu. Tentunya ada aliran musik lainya seperti disco, Regae, dan akustik. 






Album ke dua berjudul P.U.S.P.A (2008) ini di luncurkan dengan judul lagu andalan yang sama. Di album yang kedua ini ST 12 menuai kesuksesan besar dan membawa mereka dalam deretan band papan atas Indonesia. 




Akhirnya pada tahun 2012 Charly dan Pepeng membentuk group band baru yang di beri nama SETIA BAND. Group band ini dilengkapi dengan pemain drum Alsa dan keyboard Vici. Group ini memilih aliran genre music Rock,dan mengeluarkan Album pertamanya yang berjudul "SATU HATI" 




Karya Charly selain jadi pencipta lagu Charly juga membentuk sebuah managemen bernama Pangeran Cinta Managemen (PCM). Managemen ini telah mengorbitkan beberapa artis yaitu: Sembilan Band, Bunga Victoria, Piterband, Ini Aku band, Regina Flexter, Angga OM, 86 band, Shinta dan Jojo, Rhara, Nirvana Indonesia, serta Cinta penelope. 

Baru baru ini Charly juga mengeluarkan sebuah judul film yang terinspirasi oleh kisah nyata.Film ini tentang Sinar seorang anak dari polewali mandar SULBAR, dalam film Jangan menangis sinar. Charly juga ikut bermain dalam Film ini,Selain itu Charly juga menciptakan lagu untuk film ini.







Charly dimata Keluarga


Di tengah kesibukanya Charly tetap menyempatkan waktu bersama keluarga.Kelahiran Nacha pada 15 Feb 2013 ini semakin menambah semarak di keluarga Charly. 




Berbicara tentang keluarga tidak terlepas dari sosok ibu, Bagi Charly ibu adalah penyemangat hidupnya dan ayah sebagai motivator terbesarnya.

0 komentar:

Post a Comment

 
Top